Monday, July 31, 2006

IMB di Mata Saya

Sebuah jalinan ukhuwah islamiyah akan terasa indah dan berarti manakala kita memang berada dalam lingkungan dan ikatan tersebut. Di kala hati ini merasakan sebuah ketenangan serta semangat yang mengebu-ngebu untuk senantiasa eksis dalam dunia da’wah. Hari-hari senantiasa terajut indah dengan harapan-harapan yang membumbung jauh menembus langit. Semangat untuk merubah akhlaq bangsa ini menjadi icon yang terus digenggam. Sunguh sederhana jika dilihat secara kasat mata, namun jauh di dalam hati dan jiwa mereka senantiasa menggelora semangat yang cukup kuat yang akan mendobrak semua halangan seperti halnya pasukan Islam yang telah berhasil menghancurkan benteng Bizantium.

Seakan kembali diingatkan akan adanya jalinan ukhuwah yang pernah terbentuk dan masih saja selalu berbekas di dalam hati ini. Ikatan itulah yang menjadikan saya mengerti apa itu Islam serta bagaimana seharusnya seorang muslim berbuat demi Agamanya ini. Ikatan yang kuat itu ternyata menjadi dasar dari ikatan-ikatan lainnya. Ikatan itu bernama Ukhuwah Islamiyah. Memang Tarbiyahlah yang menjadikan itu semakin kuat dan mengakar jauh di dalam hati seperti halnya pohon yang kuat dengan akar menghujam ke tanah. Ikatan kuat antar berbagai aktifis yang tergabung dalam sebuah komunitas da’wah ini menjadikan dasar ikatan-ikatan laiinnya yang terbentuk. Ikatan dalam bentuk Rohis, Remaja Masjid, Lembaga Profesi, Lembaga Da’wah bahkan dalam bentuk forum komunikasi. Sejauh ini perkembangan yang ada sudah sangat pesat. Ditambah dengan adanya kemajuan era teknologi informasi menjadikan sarana efektif untuk berda’wah.

Indonesian Muslim Blogger mengambil peran sebagai salah satu kumpulan orang-orang yang senantiasa berhubungan dengan dunia internet untuk berkumpul dan juga merajut ikatan lainnya dalam ukhuwah islamiyah yang ada. Didasari dari adanya semangat perubahan serta da’wah yang kuat menjadikan internet sebagai sarana yang tidak kalah pentingnya untuk dijadikan alat dalam berda’wah. Ternyata perkembangannya cukup memukau, hanya dalam hitungan beberapa tahun ternyata telah banyak merekrut anggota yang banyak.

Masih saya ingat kira-kira 1 tahun yang lalu disaat mulai melihat dan sedikit berkenalan dengan dunia ”perblogan” saat dengan tidak sengaja menemukan situs da’wah dalam dunia pernikahan. Sebelumnya saya sudah familiar dan menjadi favorit situs eramuslim terutama kolom oase imannya. Mulailah pencarian situs-situs lainnya yang ternyata banyak sekali menghadirkan tulisan-tulisan yang berkesan dan sangat menyentuh seperti halnya di blognya mas bayudengan bahasan khasnya yang selalu dimuat di kolom oase imannya eramuslim. Dari situlah mulai saya kenal IMB dan sekarang situsnya diganti menjadi moslimblog.

Dengan mengenal IMB inilah mulailah berpindah aktifitas searching dan baca artikel di internet ini dari berita-berita aktual menjadi IMB. Dari situlah timbul sebuah keinginan untuk dapat membuat blog, meskipun pengetahuan saya masih minim sekali dengan dunia perinternetan ini. Teman saya sempat membuatkan blog buat saya untuk pengumuman dan undangan walimah. Saat itu timbulah keinginan kuat untuk dapat membuat blog hingga akhirnya terbuat blog ini.

Proses selanjutnya seperti halnya yang sering dilakukan oleh sebagian komunitas bloger adalah berkenalan dan sebisa mungkin mencari banyak teman dari berbagai tempat untuk senantiasa bertukar fikiran dan juga saling berbagi pengalaman lewat blog-blog yang mereka buat.

Jazakallah kepada IMB atas suportnya sehingga saya menjadi lebih mengenal luasnya dunia internet dan perblogan. Saya kembali menemukan sebuah ikatan baru lagi dalam menyokong ukhuwah islamiyah ini dalam wadah IMB. Saya hanya ingin jangan sampai ikatan ini putus atau hancur. Karena saya yakin dengan semakin memperbanyak dan memperkuat ikatan ukhuwah maka semakin indahlah hidup ini. Saya merasa menemukan saudara-saudara baru yang benar-benar memahami dunia da’wah ini. Mudah-mudahan kita bisa optimalkan peran IMB ini menjadi sebuah komunitas yang solid dan semakin maju dan juga memajukan dunia da’wah islam di Indonesia khususnya juga seluruh dunia umumnya.
Selamat dan Sukses buat IMB.

Comments: Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]





<< Home

This page is powered by Blogger. Isn't yours?

Subscribe to Posts [Atom]